Senin, 11 November 2019

Dana TSG Minsel Untuk Triwulan III Segera Dibayarkan

manadoterkini.com, AMURANG-Ratusan oemar Bakri penerima tunjangan profesi di Kabupaten Minahasa boleh bernafas lega. Pasalnya, dalam waktu dekat ini, Tunjangan Sertifikasi Guru (TSG) Triwulan III akan segera dibayarkan ke rekening masing-masing penerima.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Minahasa Selatan (Minsel) Ollyvia Lumi SSTP MSi kepada manadoterkini.com.

Dia mengungkapkan, kepastian pencairan ini dikarenakan Surat Keputusan (SK) dari Direktorat Jenderal (Dirjen) untuk para guru penerima sertifikasi sudah diterbitkan.

“Kita tinggal menunggu perampungan berkas dari guru-guru yang bersangkutan. Jika semua persyaratan administrasinya sudah rampung, dipastikan dalam waktu dekat segera kita salurkan ke rekening masing-masing guru penerima,” ujarnya.

Hanya saja, menurut Dia, belum semua guru sertifikasi di Minsel telah mengantongi SK Dirjen. Masih ada sebagian guru yang karena terkendala masalah teknis, sehingga belum memiliki SK tersebut.

“Misalnya guru mata pelajaran teknik yang terpaksa beralih status menjadi guru SMP setelah mata pelajaran tersebut ditiadakan. Akibat pengalihan status tersebut, guru yang bersangkutan kesulitan mengejar jatah jam mengajarnya, sehingga belum memenuhi syarat untuk diterbitkan SK Dirjen,” jelasnya.

Lanjut Dia, konsekuensinya, para guru sertifikasi yang belum mengantongi SK Dirjen belum bisa menerima tunjangan profesi tersebut.

“Karena sesuai Permen nomor 17 tahun 2016 tentang juknis penyaluran tunjangan profesi, salah satu syarat penyaluran tunjangan ini yaitu guru penerima harus memiliki SK Dirjen. Dengan kata lain, yang belum memiliki SK tersebut tentu belum bisa kita cairkan,” tandasnya.

Sementara sejumlah guru profesi yang telah mengantongi SK Dirjen mengaku bahagia mendengar kabar penyaluran tunjangan sertifikasi tersebut. Mereka berharap tidak ada lagi kendala dalam proses pencairan nanti.

“Kami berharap dalam pencairan nanti tidak ada kendala,” ujar salah satu guru sertifikasi.(dav)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*