Sabtu, 24 Agustus 2019

Kukuhkan Pengurus KTNA Minsel, Tetty : Wajib Jadi Teladan Bagi Petani di Desa

MInsel, KTNA

Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu SE, mengukuhkan KTNA Minsel

manadoterkini.com, AMURANG – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), Senin (28/11) dikukuhkan Bupati Christianya Eugenia Paruntu SE. Pengukuhan tersebut dilaksanakan di Gedung Waleta Kantor Bupati Minsel.

Bupati Minsel didampingi Wabup Minsel Franky Donny Wongkar SH dan Kepala Dinas Pertanian Ir Frans Tilaar MSi berharap, KTNA dapat menjadi contoh. Karena KTNA merupakan lembaga penting dalam menghasilkan program pembangunan pertanian. “Selain itu, pihak KTNA diharapkan mampu menjadi teladan kepada petani-petani yang ada di desa,” harap bupati.

Lanjut Dia, KTNA Minsel, adalah kontak tani yang diandalkan dan dipilih, dari kontak tani-nelayan dalam mewakili aspirasi dalam forum atau kelembagaan ditingkat wilayah yang lebih tinggi.
“Pengembangan pembangunan pertanian diarahkan dalam rangka meningkatkan kemampuan para petani, guna mewujudkan pertanian yang maju dan tangguh. Keberhasilan pembangunan pertanian sangat ditentukan oleh dukungan nyata dari semua pihak pemangku kepentingan, baik pemerintah maupun warga yang berprofesi sebagai petani,” tuturnya.

Dia menambahkan, fungsi Kelompok KTNA, adalah sebagai wadah musyawarah petani-nelayan dan sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan pertanian. Sesuai dengan fungsi tersebut, kelompok KTNA diarahkan untuk mampu berperan meningkatkan dan mengembangkan kemampuan para anggotanya dalam melaksanakan kegiatan kelompok.
“Baik melaksanakan kerjasama petani-nelayan, menyampaikan aspirasi petani-nelayan kepada pemerintah, serta memperoleh kebijakan pemerintah,” tukasnya.

Adapun yang dikukuhkan, Ketua Yahya Sumasa, Selertaris Adry Tamunu dan Bendahara Nolly Saroingsong serta beberapa Wakil Ketua, Wakil Sekertaris, Wakil Bendahara dan anggota.

Kegiatan ini dihadiri oleh kelompok tani serta pengurus KTNA se-Minsel. Hadir juga, Sekdakab Drs Danny Rindengan MSi, Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana SH SIK MSi, Kajari Amurang Lambok Sidabutar, Ketua Pengadilan Amurang, dan jajaran Pemkab Minsel.(dav)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*