Sabtu, 21 September 2019

Wujud Toleransi, BKSAUA dan Pemkab Minsel Gelar Olahraga Bersama

Minsel

Olahraga bersama Pemkab Minsel, Forkopimda dan BKSAUA

manadoterkini.com, AMURANG – Toleransi antar umat beragama di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) rupanya sudah membudaya, apalagi, jika di daerah lain sikap toleransi beragama sudah tidak nampak lagi.

Hal ini dibuktikan pada Jumat (3/2) pagi tadi, Pemkab Minsel melalui Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE dan Wakil Bupati (Wabup) Franky Donny Wongkar SH serta unsur Forkompimda mengadakan olah raga senam sumba bersama Badan Musyawarah Antar Umat Beragama (BKSAUA).

Bupati mengatakan bahwa, Minsel saat ini terdapat beberapa agama yang berbeda keyakinannya, hanya saja Dia menilai meskipun berbeda tapi satu dalam kebersamaan serta kekeluargaan.

“Kerukunan ini, harus kita budayakan, dan selaku bupati saya sangat senang, sebab biar berbeda keyakinan namun kita tetap satu, kita tetap rukun dan damai,” ujarnya.

Tidak hanya itu, kegiatan yang digelar oleh BKSAUA Minsel patut dicontohi oleh daerah lain. “Saya menyambut baik dan memberi apresiasi kepada BKSAUA Minsel yang memprakarsai kegiatan olahraga antar Umat beragama. Apalagi kegiatan ini merupakan wahana yang sangat baik untuk memperkuat komitmen dan semangat kita dalam mengembangkan kehidupan yang rukun dan damai antar umat beragama serta mewujudkan masyarakat yang sehat secara jasmani maupun rohani,” tukasnya.

Sementara itu Ketua BKSAUA Minsel Pdt Rio Tumbelaka STh disela – sela acara tersebut menyampaikan bahwa, maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini, untuk menjawab isu yang berkembang saat ini, sikap intoleransi beragama makin mendominasi kebebasan beragama, paham-paham radikalisme yang ingin menghancurkan kesatuan NKRI terus terus berkembang, melalui kegiatan ini kami mau menunjukan kepada dunia Minsel adalah daerah yang anti akan hal-hal tersebut.

“Minsel adalah daerah yang aman, kehidupan masyarakat meskipun dalam perbedaan, kami masih menjujung tinggi sikap persaudaraan dalam kepercayaan sebagai manusia ciptaan Tuhan.

“Masyarakat Minsel selalu terbuka kepada siapa saja yang mau datang, apa terlebih kepada mereka yang hendak berinvestasi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, sebagaimana harapan Bupati dan Wakil Bupati Minsrl untuk mewujudkan Minsel Hebat dan Terdepan,” tandasnya.

Hadir dalam kegiatan diantaranya, Kapolres Minsel AKBP Arya Perdana SH SIK MSi, pimpinan Umat Kristen, Katolik, Islam, Buddha, Konghucu, Seldakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi, para asisten, kepala – kepala SKPD, dan staf ASN dan Warga Masyarakat yang ada di Minsel.(dav)

 

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*