Sabtu, 21 September 2019

Wabup Lengkong Resmikan Polindes Di HUT Desa Tumbohon

Lengkong

Wabup Minut Joppy Lengkong

manadoterkini.com, AIRMADIDI-Wakil Bupati Minahasa Utara (Minut) Ir Joppi Lengkong, meresmikan Pondok Bersalin Desa (Polindes) diperayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Desa Tumbohon Kecamatan Talawaan, Rabu (22/2/2017).

“Dengan diresmikannya Polindes ini, pemerintah berharap fasilitas ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat. Dan kepada pemerintah desa dan tenaga kesehatan, kami minta agar memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Lengkong.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Talawaan dr Ezra Suatan, menyampaikan Polindes yang dibangun dengan anggaran dana desa sebesar Rp200 juta, akan digunakan untuk melayani ibu-ibu sebelum persalinan dan masa persalinan, serta sesudah persalinan.

“Masyarakat akan dilayani oleh petugas yang adalah bidan desa. Mereka ditugaskan khusus dari Puskesmas,” terang dr Ezra.

Lebih lanjut, Camat Talawaan Johan Wewengkang SSos MKes, mensuport pembangunan yang ada di wilayah Kecamatan Talawaan, yang didipimpinnya.

“Ini dampak dari realisasi dana desa dan alokasi dana desa (ADD), yang digunakan secara maksimal. Dan Pemerintah Kecamatan Talawaan terus mendorong percepatan pembangunan yang dilakukan di setiap desa di Kecamatan Talawaan,” kata Wewengkang.

Menariknya, pada pelaksanaan HUT Desa Tumbohon ke-110 tersebut, warga desa yang diwakili kumtua, tokoh agama dan tokoh masyarakat, mendeklarasikan gerakan kesehatan yakni gerakan untuk tidak buang air besar (BAB) sembarangan. Hal ini mendapat apresiasi Wabup Lengkong, yang juga memberikan piagam penghargaan kepada Kumtua Eny Martha Pantouw SSos.

Hadir pada kesempatan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Minut Jeivy Wijaya STh, Danramil 1310-04 DiDimemb Sebelumnya, ibadah syukur HUT dipimpin bersama oleh 5 pendeta yang bertugas di desa tersebut.(Pow)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*