Jum'at, 15 Desember 2017

Gubernur: Halal Bihalal Adalah Silaturahmi, Cuma Ada di Indonesia

manadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE mengatakan tradisi halal bihalal merupakan salah satu tradisi yang hanya ada di Indonesia. Hal ini dikatakan Gubernur Olly saat menghadiri Halal Bihalal 1438 H Jamaah Masjid Nurul Huda di Lapangan Kompleks Perkuburan Desa Kauditan 2, Minahasa Utara, Senin (17/07/2017) sore tadi. “Halal bihalal adalah silaturahmi. Ini cuma ada di Indonesia. Ini betul-betul menyatakan bahwa negara kita sangat diberkati,” ungkapnya.manado

Oleh karenanya, orang nomor satu di Sulut tersebut meminta seluruh masyarakat selalu menjaga terus tradisi ini. “Ini adalah hubungan persaudaraan yang kuat. Silaturahmi sesama kita baik sesama agama ataupun dengan agama lain harus terus diperkuat. Dimana ada kedamaian disitu ada kemakmuran,” tandasnya.

Menurut Olly, kedamaian dan kemakmuran yang dirasakan saat ini oleh masyarakat tentunya tidak terlepas dari usaha para tokoh yang ikut serta berjuang mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

“Dengan kedamaian seluruh cita-cita pendiri negara kita pasti terwujud. Indonesia berdiri oleh karena perjuangan para pendiri bangsa ini yang melibatkan semua unsur masyarakat. Bahkan dalam perumusan Kemerdekaan Indonesia ada juga tokoh agama termasuk para kyai,” imbuhnya.

Lebih jauh, Olly mengingatkan kembali masyarakat sebagai makhluk ciptaan Tuhan untuk selalu menghargai sesamanya. “Tidak mungkin ada Indonesia jika tidak ada kesepakatan. Tugas kita merangkai terus kemerdekaan. Jangan mengkotak-kotakan. Torang samua ciptaan Tuhan,” tandasnya.Olly Dondokambey

Setelah menyampaikan sambutan, Gubernur Olly memberikan bantuan pembangunan Masjid Nurul Huda Kauditan senilai Rp. 20 Juta yang diterima langsung panitia pembangunan.

Adapun halal bihalal yang bertema ‘Membangun Persaudaraan dan Persatuan Guna Mewujudkan Watak Insaniyah Menuju Moralitas Publik Yang Berkeadaban’ itu turut dihadiri Sekdaprov Edwin Silangen SE MS, Bupati Minut, Vonny Panambunan, Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Herson Mayulu SIP, Kepala Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan KB dr Bahagia R Mokoagow, Kepala Biro Umum, Clay June Dondokambey SSTP MAP dan masyarakat muslim Minut.(alfa)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*