Hari Batik Nasional Diperingati Pemkab Mitra

batik basional

Foto bersama Pemkab Mitra usai merayakan Hari Batik Nasional di halaman Kantor Bupati Mitra.

manadoterkini.com, RATAHAN — Sejak ditetapkan lewat Keputusan Presiden (Kepres) nomor 33 Tahun 2009, Hari Batik Nasional selalu diperingati setiap 2 Oktober.

Penetapan Hari Batik merupakan penghargaan atas kesenian dan kebudayaan bangsa Indonesia. Tak tanggung-tanggung United Nations Educational, Scientific and Cultural Organisation (UNESCO) pun, telah menetapkan batik sebagai warisan budaya milik Indonesia.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra) yang juga peduli akan Batik, melakukan upacara peringatan Hari Batik Nasional di halaman Kantor Bupati Mitra, Senin (2/10/2017).

Mewakili Bupati Mitra, Sekretaris Daerah (Sekda) Mitra Ir Farry F Liwe MSc, mengatakan karya seni batik merupakan ciri khas bangsa Indonesia, lebih khusus Mitra yang juga memiliki batik Bentenan.

“Batik merupakan karya seni turun-temurun yang harus kita lestarikan. Dan batik juga merupakan ciri khas yang harus selalu ditonjolkan, karena batik merupakan salah satu kebanggaan bangsa Indonesia,” kata Liwe saat menyampaikan sambutan di halaman Kantor Bupati Mitra.

Dengan begitu, Sekda juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan batik sebagai ikon, khususnya Batik Bentenan yang merupakan ikon Kabupaten Mitra.

“Mari kita terus lestarikan apa yang telah menjadi warisan dunia, karena batik tidak akan bertahan jika kita tidak melestarikannya,” tandas Liwe.(*/tim)

Batik Nasional Kepres 33 tahun 2009 PEmkab Mitra

Posting Terkait

Tinggalkan pesan