Senin, 17 Desember 2018

PAW Empat Caleg Minsel Yang Pindah Partai Dikebut

manadoterkini.com, AMURANG – Proses pengunduran diri empat anggota DPRD Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) yang kembali nyaleg dengan partai berbeda saat ini sementara berproses. Menurut Sekretaris DPRD Minsel Lucky Tampi SH, proses Pergantian Antar Waktu (PAW) mereka telah dikirim ke gubernur melalui bupati.

Bila proses cepat, bulan depan, gaji dan tunjangan puluhan juta akan beralih kepada pengganti mereka.”Kita sudah terima pengajuan mereka dan telah dirapatkan pimpinan. Kami di sekretariat juga telah memberikan surat pernyataan pengunduran diri mereka,” terangnya.

Hal itu dipastikan memupuskan mimpi empat wakil rakyat itu untuk lebih lama duduk sebagai anggota dewan. Sebelumnya, sejumlah kalangan menilai proses PAW terhadap para legislator bakal berjalan lambat.

Bahkan urung terealiasi hingga berakhirnya masa jabatan. “Lihat saja Roosmery Langi sampai sekarang PAW yang harusnya hanya lima hari, sampai sekarang sudah tujuh bulan proses PAW belum juga resmi diberhentikan gubernur,” celetuk sejumlah tokoh masyarakat.

Terpisah, Sonny Nayoan SH berpendapat, proses PAW terhadap caleg pindah partai dengan yang dipecat karena kesalahan akan berbeda. Sebab, gubernur sebagai pengambil alih keputusan tidak punya ruang untuk memperlambat proses tersebut.

“Sebab ini terjadi hampir di semua kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia. Jadi kalau proses di satu daerah saja berjalan cepat, sudah pasti akan muncul pertanyaan kenapa daerah lain lambat,” ungkap dia.

Selain itu, proses pasti akan berjalan kolektif tidak terpisah satu legislator dengan yang lain.

“Kalau satu disetujui lainnya juga pasti disetujui di waktu yang sama. Ruang politik sulit terjadi,” nilainya.

Diketahui keempat anggota DPRD Minsel yang kembali nyaleg melalui partai lain yakni, Frangky Lelengboto dan Welly Liwe dari Partai Gerindra pindah ke PDI-P, Johnly A Ombeng dari Partai Demokrat pindah ke PDI- P serta Billy Regar dari Hanura pindah nyaleg ke Partai Nasdem.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*