Kamis, 14 November 2019

Segera Masuk Manado, Ini Sejarah Singkat Olahraga Beladiri Yongmoodo

manadoSENI beladiri Yong Moo Do, resmi menjadi olah raga wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008. Sejak didirikannya Federasi Yongmoodo Indonesia (FYI), seni beladiri asal Korea ini pun mulai disosialisasikan kepada masyarakat umum di tahun 2012.

Di Kota Manado sendiri dalam waktu dekat Pengda FYI segera dibentuk oleh Dandim 1309 Manado, Letkol Inf. Arif Harianto sekaligus langsung merekrut sejumlah atlet-atlet Yongmoodo yang sudah ada terlebih dahulu untuk dilakukan sosialisasi kepada masyarakat umum.

Sejarah Yongmoodo dimulai pada tanggal 15 Oktober 1995 dimana The Martial Reearch Institut dari Yong In University Korea membentuk seni beladiri Yongmoodo yang merupakan gabungan dari beladiri Judo, Taekwondo, Apkido, Ssirum, dan Hon Sin Sul. Akar dari Yongmoodo adalah beladiri Hon Sin Sul yang berarti Beladiri.

Istilah Yongmoodo berasal dari kata Hankido yang dikembangkan di Korea pada tahun 1976. Kemudian namanya berganti menjadi Kukmodo dan berubah menjadi Yongmoodo.

Yongmoodo berasal dari 3 suku kata yaitu: YONG berarti naga, MU atau MOO berarti beladiri yang menunjuk pada pertempuran. DO berarti cara berlatih

Yong Moo Do merupakan beladiri pertarungan jarak dekat yang menunjukan kemampuan pada pertempuran yang mengacu pada teknik perkelahian, pertahanan dan strategis, baik fisik, mental serta psikologis.

Seni beladiri Yong Moo Do memerlukan latihan rutin untuk memperkecil resiko latihan yang bersifat fatal. Untuk menjadi anggota seni beladiri Yong Moo Do diperlukan persiapan waktu yang cukup lama untuk menguasai teknik-teknik dasar.

Setiap pelatih atau instruktur Yong Moo Do harus memiliki kemampuan untuk mengatasi segala kemungkinan yang akan terjadi di dalam latihan, karena rawan terjadi cedera fatal.

Kemampuan beladiri Yong Moo Do, wajib dikuasai oleh prajurit TNI angkatan darat untuk melatih keberanian dan jiwa patriotisme, mengingat prajurit TNI merupakan garda terdepan dalam mempertahankan NKRI.

RANGKING DAN WARNA SABUK BELADIRI YONGMOODO:

Rangking 10 = Sabuk putih

Rangking 9 = Sabuk Kuning

Rangking 8 = Sabuk Kuning

Rangking 7 = Sabuk Hijau

Rangking 6 = Sabuk Hijau

Rangking 5 = Sabuk Biru

Rangking 4 = Sabuk Biru

Rangking 3 = Sabuk Coklat

Rangking 2 = Sabuk Coklat

Rangking 1 = Sabuk Merah ***

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*