Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
BitungLiputan Khusus

Lomban Sampaikan Ini Saat Buka Rakernas II dan Diskusi Publik GPPMP

×

Lomban Sampaikan Ini Saat Buka Rakernas II dan Diskusi Publik GPPMP

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, BITUNG – Kota Bitung menjadi tempat dilaksanakannya Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) II sekaligus Diskusi Publik Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Generasi Penerus Perjuangan Merah Putih (GPPMP). Kegiatan ini sendiri berlangsung 13-14 Februari 2019, bertempat di Balai Pertemuan Umum Kantor Wali Kota Bitung.

Bitung

Wali Kota Bitung Maximiliaan J Lomban, SE MSI membuka langsung Rakernas II GPPMP. Dalam kesempatan tersebut Lomban menilai kegiatan ini sangat strategis dalam mengaktualisasikan komitmen Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia.

“Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada GPPMP. Ini adalah momentum yang sangat strategis ketika bangsa Indonesia tengah mempersiapkan diri menyambut pesta Demokrasi, Pemilu 2019. Sebagai bangsa yang dibangun denga Persatuan, harus jeli melihat berbagai gejolak masyarakat di tahun politik,” ujar Lomban dalam sambutannya, Rabu (13/2/2019).

Bitung

Menurut Lomban, pertemuan ini sangat mendukung visi dan program kerja pembangunan di Kota Bitung, khususnya menghadapi mega proyek, yakni; Pembangunan International Hub Port (IHP) dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kedua mega proyek tersebut, adalah cita-cita Bitung sebagai Kota Bahari dan Industri.

“Berdasarkan kajian dari berbagai pihak, sejak DR Sam Ratulangi sampai saat ini, Kota Bitung memiliki posisi yang sangat strategis sebagai pintu gerbang Asia Pacifik. Untuk itu perlu adanya keseriusan sinergitas antara Pemerintah Daerah dan Pusat, serta dukungan dari berbagai pihak,” kata Lomban.

manado

Lomban pun berharap, lewat Diskusi Publik ini, akan semakin membuka ruang untuk menyelesaikan pembangunan IHP dan KEK, serta fasilitas pendukung utama, yakni; pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung dengan panjang 39,5 KM.

“Kegiatan ini, memberikan kontribusi besar bagi Pemerintah Kota Bitung. Saya berharap GPPMP akan terus eksis, jaya dan terus berkarya bagi negara, menjadi pilar pemersatu bangsa yang mampuh senantiasa membumikan Pancasila sebagai dasar ideologi NKRI di bawah panji-panji merah putih,” tandasnya

Sementara itu Ketua Umum DPP GPPMP, Jeffrey Rawis, SE mengatakan bahwa Rakernas ini adalah bagian dari rangkaian Program DPP GPPMP dan puncak kegiatan memperingati 73 Tahun Peristiwa Heroik Merah-Putih 14 Ferbuari 1946 di Sulawesi Utara.

bitung

“Selain konsolidasi internal organisasi, menguatkan paham nasionalisme, meneruskan dan menjaga jiwa, semangat dan nilai-nilai perjuangan Merah Putih, serta mengaktualisasikan komitmen kebangsaan berpartisipasi aktif dalam membangun Indonesia,” ujar Rawis

Lanjutnya, “Pembangunan IHP adalah suatu keniscayaan dan perlu didukung dengan pengembangan KEK yang secara simultan akan menjadi mesin uang RI di Gerbang Pasifik. Dari sisi kebijakan dan peraturan, IHP dan KEK tersendat, sehingga dibutuhkan political will dari pemerintah dan komitmen dari semua stakeholder untuk mengaktualisasikan apa yang telah tertuang dalam peraturan-peraturan tersebut,” jelas Rawis.

Nampak Hadir dalam Acara Pembukaan Rakernas II dan Diskusi Publik, antara lain; Ketua Dewan Penasehat GPPMP Theo Sambuaga, Penasehat GPPMP Mayjen (Pur) Rustam Efendi, Dewan Pembina Max Basoke, Anggota DPR-RI Jerry Sambuaga, Mewakili Gubernur Sulut Steven Liow, Wakil Walikota Bitung Maurits Mantiri, Sekda Kota Bitung Audy Pangemanan, Pengurus DPP, DPD dan DPC GPPMP, serta para undangan. (REFLY/Advetorial)