Bupati VAP Terima Kunjungan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

Minutmanadoterkini.com, AIRMADIDI – Bupati Minahasa Utara (Minut) DR. (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, menerima langsung kunjungan Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI) Dr Syahrul Yasin Limpo SH MH, saat mengunjungi Desa Kolongan Kecamatan Kalawat, Selasa (21/4/2020).

Dalam kunjungannya, Menteri Pertanian RI Dr Syahrul Yasin Limpo SH MH, yang didampingi pejabat Kementerian Pertanian, para Dirjen dan Staf, melakukan penanaman Kacang Kedelai.

“Kami diminta oleh Presiden RI Ir Joko Widodo untuk mem-back up daerah, dan kami siap membantu apa saja untuk petani, termasuk di Sulawesi Utara (Sulut) dan tentunya Kabupaten Minahasa Utara. Hari ini kami ingin menjamin bahwa salah satu komoditi yang harus tetap tersedia adalah Kedelai. Ratusan ribu hektar akan kita gelar untuk ditanami bersama Gubernur, Bupati dan para pengusaha untuk mendorong daerah ini untuk dapat berproduksi lebih baik lagi,” terang Menteri Syahrul Yasin Limpo.

Dikatakannya lagi, penanaman ini dilakukan agar kita tidak bergantung lagi dari import Kedelai. Dan Menteri Syahrul Yasin Limpo menyatakan rasa bangga karena di Provinsi Sulut, komoditi Pala tetap produksi dan diimport menuju Amerika dan Eropa.

“Komoditi pala di wilayah Provinsi Sulawesi Utara sangat bagus. Untuk itu, diharapkan petani bisa menjaga komoditas ini secara berkelanjutan. Ini potensi yang bagus karena sudah tidak dimulai dari nol. Jika ingin peremajaan pala dan penyediaan peralatan perkebunan, silakan hubungi dinas terkait, nanti dinas yang sampaikan ke pemerintah pusat. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur dan Bupati yang telah bekerja dengan baik sehingga komoditi ini tetap berproduksi dan sementara itu, untuk hal-hal teknis baik bantuan dan penanaman akan kita bicarakan untuk memenuhi target,” ujar Menteri Syahrul Yasin Limpo mengapresiasi komoditas Pala di Minut dan Sulut pada umumnya.

MinutSementara itu, Bupati Kabupaten Minut DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh, saat menerima kunjungan Menteri Syahrul Yasin Limpo, mengatakan Pemkab Minut merasa bangga dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri Pertanian Dr Syahrul Yasin Limpo SH MH, yang dapat memacu semangat para petani untuk ikut menjaga ketahanan pangan dengan berkebun.

“Kunjungan Menteri Pertanian ini tentunya menggairahkan petani Minut, sehingga sektor pertanian di Minut akan maju pesat, meningkat dan mensejahterakan kelompok tani dan warga. Saya percaya Kabupaten Minahasa Utara, daerah yang subur, pasti diberkati Tuhan, dan Saya mengajak kita terus berdoa agar wabah Corona Virus Disease (Covid-19) cepat berlalu dan kita bisa melalui situasi ini,” kata Bupati VAP.

Orang nomor satu di tanah Tonsea ini juga mengajak warga Minahasa Utara untuk berkebun menanam apa saja terutama pangan padi, jagung dan kedelai.

“Ditengah Pandemi Covid-19 ini saya mengajak warga Minut untuk berkebun, karena dengan demikian warga akan dapat memenuhi kebutuhan pangannya sendiri. Tanam apa saja, terutama padi jagung dan kedelai,” tandasnya.(ADVETORIAL)

Posting Terkait

Tinggalkan pesan