Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Berita PilihanPemerintahan

Pandemi Covid-19, Warga Kawanua Washington USA Peduli Kampung Halaman

×

Pandemi Covid-19, Warga Kawanua Washington USA Peduli Kampung Halaman

Sebarkan artikel ini

manadoterkini.com, SULUT – Meskipun wabah Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) ini ikut menghantam negara adidaya USA, warga Kawanua yang hingga kini masih bermukim di sana tepatnya di Washington tetap ikut peduli dengan masyarakat di kampung halamannya Sulawesi Utara.

Kepedulian warga Kawanua yang bermukim di Washington USA ditengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia patut diteladani.

Betapa tidak saat video conference antara pengurus kerukunan Kawanua Washington USA dengan Kadis Sosial Daerah Provinsi Sulut Rinny Tamuntuan di Manado, Senin (15/6/2020), Ketua Kawanua Washington USA Veron O’Riley Tombokan dan sejumlah pengurus lainnya menyampaikan bahwa warga Kawanua di Washington USA ikut prihatin dengan kondisi pandemi COVID-19 yang dialami warga Sulut.

Sehingga kerukunan Kawanua di sana membantu dengan menyalurkan bantuan sembako sebanyak 300 paket.

Kadinsos Rinny mengucapkan banyak terima kasih kepada Kawanua Washington Seattle yang begitu perhatian kepada warga Sulut.

“Atas nama pak Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan pak Wagub Steven O.E. Kandouw, mengucapkan banyak terima kasih kepada kerukunan Kawanua di Washington Seattle yang begitu memberikan perhatian pada keluarga di Provinsi Sulut.”

“Kami dari Dinas Sosial siap meneruskan bantuan yang diberikan ini. Kami akan salurkan bantuan, yang disertai dengan bukti berupa foto dan video call kepada Kerukunan Keluarga Kawanua yang ada di Washington USA,” kata Rinny.

Pada kesempatan itu, Rinny ikut memberikan informasi terkait penanganan pandemi COVID-19 di Sulut.

“Sampai hari ini kasus di Sulut sudah mendekati 700 pasien. Mudah-mudahan cepat menurun yang positif. Untuk kasus kesembuhan cukup bagus sudah ada 110 orang yang sembuh. Puji Tuhan dengan penanganan yang cepat dari pemerintah lewat Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, ada juga BPBD. Kami juga ada tim khusus, Gugus Tugas yang diarahkan lewat pak Gubernur,” lanjut Kadinsos Sulut.

Sementara Ketua Kawanua di Washington USA, Veron O’Riley Tombokan mengatakan bantuan yang diberikan diperuntukan bagi warga Sulut yang terdampak pandemi COVID-19.

“Kami menyadari tak bisa jangkau warga Kawanua yang alami kesulitan ekonomi akibat pandemi, tapi sekiranya sedikit bantuan dari kami bisa mengurangi beban warga Kawanua,” ucapnya.

Veron berharap bantuan tersebut bisa disalurkan lewat Dinas Sosial Provinsi Sulut.

“Kami yakin walaupun seadanya, kami tulus memberikan. Kepedulian terhadap saudara kami yang ada di Manado. Harapannya masyarakat Kawanua, jaga kebersihan lingkungan, jaga kesehatan, perhatikan protokol kesehatan dan selalu hidup rukun dan damai,” pesan Veron.

Menurut Veron, bantuan seperti ini akan terus dilakukan.

“Ini memang masih tahap pertama. Untuk tahap kedua pasti akan dilakukan lagi,” janjinya. (*/Rizath)