Olly Dondokambey Paparkan Indikator Keberhasilan di HUT Provinsi Sulut Ke-56

Sulut hebatmanadoterkini.com, SULUT – Gubernur Sulawesi Utara Sulut) Olly Dondokambey memaparkan sejumlah indikator keberhasilan di Sulut.

Hal itu disampaikan Olly pada saat peringatan HUT Provinsi Sulut Ke-56 di Lapangan Kantor Gubernur Sulut, Rabu (23/9/2020).

olyy dondokambeyOlly juga menerangkan bahwa kemajuan daerah yang mampu tercipta secara signifikan, ditopang oleh geoposisi wilayah Sulut yang berada di bibir pasifik serta kebijakan strategis pembangunan daerah dan optimalisasi sektor-sektor unggulan Sulut, antara lain seperti pertanian, kelautan, perikanan, kehutanan dan pariwisata.

“Dengan semangat kerja bersama dan  gotong royong kita selama ini, kita berhasil mewujud nyatakan sejumlah program pembangunan, yang pencapaiannya sangat menggembirakan. Indikator makro ekonomi Provinsi Sulawesi Utara senantiasa menunjukan progres positif,” tutup Olly.

sulut hebatDiketahui, indikator makro ekonomi Provinsi Sulawesi Utara senantiasa menunjukan progres positif, seperti nampak antara lain pada:

1. Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara yang sejak tahun 2016 sampai 2019 selalu berada diatas  rata-rata nasional, yakni pada angka rata-rata 6%. Bahkan dalam masa pandemi covid-19 di tahun 2020, secara kumulatif (pada semester I) masih bertumbuh positif pada angka 0,38%;

2. Angka kemiskinan yang mampu ditekan hingga berada pada angka 7,51% di tahun 2019 dari sebelumnya 8,98% pada tahun 2016, dimana angka kemiskinan di Sulawesi Utara berhasil ditekan hingga satu digit melalui optimalisasi program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan;

3. IPM Sulawesi Utara, yang merupakan pengukur tingkat kesehatan, pendidikan dan pengeluaran per Kapita, mengalami peningkatan dari angka 71,05 pada tahun 2016, menjadi 72,99 pada akhir tahun 2019, dan angka itu berada diatas nasional, bahkan berada pada peringkat 7 dalam 10 tahun terakhir;

Sulut hebat4. Aktivitas ekonomi berkelanjutan yang juga meningkat, dengan indeks kualitas lingkungan hidup, berada pada angka rata-rata 70%;

5. PDRB perkapita Sulawesi Utara yang terus  meningkat dalam periode 2016-2019. Di tahun 2016 berada pada angka 41,33 Juta Rupiah dan pada tahun 2019 mencapai 52,2 Juta Rupiah.

Selain itu, Sulut juga berhasil memperoleh  prestasi membanggakan, antara lain dinobatkannya Sulut sebagai The Rising Destination of Year 2019, karena keberhasilan Sulut meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ± 521% melalui terobosan pembukaan direct flight ke sejumlah kota besar di RRT,

Sulut juga berhasil menciptakan inovasi daerah program PERKASA (Perlindungan Pekerja Sosial Keagamaan di Provinsi Sulawesi Utara) dan meraih juara 1 nasional dalam ajang Paritrana Award yang merupakan penghargaan
Presiden RI di bidang BPJS Ketenagakerjaan.

Olly juga menyerahkan sejumlah penghargaan dan bantuan diantaranya penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya 30 Tahun, kepada 2 pejabat dan SK Kenaikan Pangkat kepada 5 ASN dan SK Pemberhentian dengan hormat dan mendapat hak pensiun kepada 4 ASN.

sulut hebatPenyerahan Piagam Penghargaan kepada para pemenang lomba ASN Teladan tahun 2020 kategori: Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pelaksana Golongan III, Pelaksana Gopongan II dan Tenaga Harian lepas.

Penyerahan Simbolis Beras 3 Ton dari Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Kepada Gubernur Sulu.

Penyerahan Simbolis Kartu BPJS Jamsostek untuk Anggota Korpri dari Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan kepada Gubernur Sulut dan selanjutnya diserahkan kepada 2 Perangkat Daerah BKD Sulut dan Disnakertrans Sulut.

Penyerahan Bantuan Subsidi upah THL dan pekerja sosial keagamaan (PERKASA) dari Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan kepada Gubernur Sulut selanjutnya diserahkan kepada perwakilan agama Muslim, Konghucu, Hindu, Budha dan Protestan.

Paket bantuan Dana Stimulus Covid 19 dengan anggaran 2 Milyar kepada 2.234 nelayan pembudidaya, pengolah dan pemasar di 15 kabupaten/kota serta paket bantuan motor tempel dengan anggaran Rp 1,6 milyar kepada 40 penerima secara simbolis.

sulut hebatPenyerahan sertifikat tanah milik Pemprov Sulut dari Kepala Kantor Pertanahan kepada Gubernur Sulut yang berjumlah 16 sertifikat

Penyerahan penghargaan Pariwisata Award kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara atas Provinsi Pertama yang berhasil meningkatkan pertumbuhan kunjungan wisatawan luar negeri mencapai 600% dari tahun 2014 ke tahun 2019 dan Rekor membuka penerbangan langsung luar negeri terbanyak.

Diserahkan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia( LEPRID) Ketua Umum dan Pendiri LEPRID Paulus Pangka SH kepada Gubernur Sulut.

Launching Virtual Hospital (Layanan Dokter Spesialis secara Gratis via Aplikasi Online, Untuk Melayani Masyarakat yang Tinggal Dirumah dan Takut ke RS).

SulutAplikasi Solusi Sulut sehat yang merupakan Aplikasi Layanan Konsultasi Online,Dokter Spesialis dan Tenagan Ahli Provinsi Sulawesi utara

Inovasi Gubernur dan Wakil Gubernur untuk menyiapkan layanan kesehatan bagi masyarakat di 15 Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Utara Gratis dan tidak berbayar berdasarkan SK Gubernur Sulut Nomor 233 Tahun 2020, yang bertujuan untuk mengantisipasi ketakutan masyarakat berobat ke Rumah Sakit di masa Pandemi Covid-19.

Lebih lanjut, Olly juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter dan perawat, seluruh petugas  di rumah sakit, laboratorium, klinik-klinik kesehatan, dan rumah isolasi, kepada tokoh masyarakat, para relawan, awak media, aparat TNI dan Polri, serta para ASN di daerah Bumi Nyiur Melambai, atas perjuangannya untuk menghambat penyebaran Covid-19, mengobati yang terjangkit, dan mencegah kematian akibat Covid-19.

Adapun upacara HUT ke-56 Provinsi Sulut turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Andrei Angouw, Wakil Gubernur Steven O.E. Kandouw, Wakil Ketua TP PKK Sulut Kartika Devi Kandouw-Tanos, Sekdaprov Edwin Silangen, Ketua DWP Sulut Ivonne Silangen-Lombok, para pejabat Pemprov Sulut, jajaran BUMN, tokoh agama dan tokoh masyarakat. (Adv/Rizath)

Indikator Keberhasilan Olly Dondokambey Pemprov Sulut Sulut hebat

Posting Terkait

Tinggalkan pesan