Vaksinasi AstraZeneca di Sulut Sempat Dihentikan, Kini Dinyatakan Aman

dandelmanadoterkini.com, SULUT – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Utara mencabut keputusan penghentian sementara vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Astra Zeneca di Sulawesi Utara.

Pencabutan keputusan penghentian vaksin tersebut dikarenakan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping.

Vaksinasi Astra Zeneca yang sempat beredar di Kota Manado dan Bitung kini kembali dilanjutkan pada, Selasa (30/3/2021) setelah dinyatakan aman menyusul audit medik Komnas Pengkajian dan Penanggulangan KIPI.

Penyuntikan Astra Zeneca di Sulut berawal dari tibanya 50 ribu dosis vaksin di Sulut pada 23 Maret 2021. Sampai dengan Sabtu 27 Maret terdapat 355 kasus KIPI di Manado.

Menindaklanjuti hal tersebut, pada hari yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Daerah menghentikan sementara vaksinasi AstraZeneca.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut Dr Debie Kalalo melalui dr Steven Dandel, MPH pada jumpa pers, Selasa (30/3/2021).

“Penarikan ini guna mengatur kembali SOP. Hal yang lumrah karena gejala ini (KIPI) sering terjadi satu diantara sepuluh suntikan,” tegas Dandel.

Dandel juga mengakui efek ini cukup tinggi namun berada pada range yang aman. (Rizath)

Anda mungkin juga berminat
Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.