Senin, 19 Agustus 2019

Pemkab Jamin Kelancaran Angkutan Jelang Pengucapan dan Lebaran di Minsel

AMURANG, (manadoterkini.com) – Arus mudik jelang Pengucapan Syukur dan lebaran di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), pemerintah setempat bersama jajaran terkait, siap menjamin kelancaran aktifitas arus mudik dan arus balik.

Bupati Christiany Eugenia Paruntu SE melalui Sekdakab Minsel Drs Danny Rindengan MSi mengatakan, kesiapan angkutan lebaran ini dimaksudkan agar penyelenggaraan angkutan jelang pengucapan dan lebaran 2015 bagi masyarakat, dapat terlaksana dengan aman, selamat, nyaman, tertib, dan juga lancar. “Tujuannya agar masyarakat yang akan merayakan Pengucapan syukur dan Hari Raya Idul Fitri di Minsel para pendatang maupun yang akan bepergian bisa selamat, aman dan lancar, serta biaya yang terjangkau. Caranya dengan kita mengantisipasi lonjakan penumpang, menjaga kelancaran dan ketertiban di dalam kota Amurang, apalagi Amurang adalah jalur trans Sulawesi,” ujarnya.

Nantinya, menurut dia, masa angkutan Pengucapan dan lebaran yang hanya dilewati angkutan jalan akan diatur. “Akan dilihat apa perlu penambahan armada, tapi seluruhnya kita maksimalkan. Selama angkutan pengucapan sampai lebaran juga disiagakan posko di terminal,” tandasnya.

Dia pun menghimbau bagi warga Minsel yang akan mudik ke kampung halaman dengan menggunakan sepada motor, harus mentaati ketentuan yang berlaku. Diantaranya maksimal dikendarai dua orang termasuk anak-anak, wajib menggunakan helm standard (SNI) bagi pengemudi maupun penumpang, menyalakan lampu utama selama perjalanan walaupun siang hari. Selain itu, barang bawaan yang dibawa, tidak boleh melebihi lebar kemudi dan tidak melebihi tinggi pengemudi. Serta, dihimbau untuk menggunakan jalur lambat atau lajur paling kiri. “Di samping soal angkutan lebaran, persiapan sembako dan suasana Kamtibmas di Minsel pun dijaga dan dipersiapkan agar kerukunan antar umat beragama tetap terpelihara,” tutupnya.(dav)

Tags: , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*