Senin, 9 Desember 2019

Sumendap Bakal Sulap Eks Pasar Touluaan Jadi Lokasi Wisata Kuliner dan Taman Hiburan

MTerkini.com, RATAHAN – Eks pasar Tauluaan yang terletak di Desa Toundanouw Kecamatan Touluaan Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) bakal dijadikan sebagai lokasi wisata kuliner dan taman hiburan rakyat oleh Pemkab Mitra. Hal ini dikatakan Bupati Mitra James Sumendap SH kepada sejumlah wartawan.

Sumendap Mengatakan, pihaknya segera merampungkan Pembangunan Pasar Touluaan baru yang terletak di Desa Lobu, maka pedagang yang saat ini beraktifitas di lokasi pasar lama, akan segera direlokasi.

“Memang ada kekuatiran dari warga khususnya para pemilik toko di kawasan pasar lama yang disampaikan kepada saya soal bakal sepinya aktifitas perdagangan. Tetapi, saya pastikan kekuatiran itu tidak akan terjadi, karena kebijakan untuk memindahkan lokasi pasar sudah melalui kajian dan itu tidak akan mematikan usaha yang sudah dijalankan warga,” kata Sumendap.

Lanjut Bupati, pemerintah sudah punya rencana terhadap lahan eks pasar lama yakni menjadikannya sebagai lokasi wisata kuliner maupun taman hiburan bagi rakyat.

“Nanti lokasinya akan ditata dengan baik, selain dibuatkan taman, di lokasi ini juga akan dibuatkan kios atau lapak bagi pedagang jajanan kuliner. Ini dilakukan agar warga punya tempat hiburan termasuk sebagai upaya untuk mendongkrak pelaku usaha di dekat kawasan tersebut,” tukasnya.

Sementara itu, langkah Pemkab Mitra ini sendiri disambut positif oleh warga setempat.

Tenny Kosegeran, Hukum Tua (Kumtua) Desa Lobu Dua mengaku jika rencana tersebut patut didukung karena sifatnya pro rakyat.

“Ini tentu akan jadi suatu kemajuan bagi Kecamatan Touluaan, jadi suatu hal yang wajar jika rencana ini mendapat dukungan warga,” tandasnya.(dav/tim)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*