Kamis, 18 Juli 2019

Polda Sulut Resmi Tipe A, Mitra Bakal Miliki Mapolres Sendiri

manadoterkini.com, RATAHAN-Polisi Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) kini resmi berubah status menjadi tipe A setelah diresmikan langsung oleh Wakapolri Komjen Pol Budi Gunawan SH pada Senin (22/8) kemarin.

Dengan demikian, wacana pembentukan Polres di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kian terbuka lebar.

Bupati Mitra James Sumendap SH yang menghadiri langsung upacara peresmian di Mapolda Sulut menyatakan rasa optimisnya terhadap realisasi pembentukan Mapolres di Kabupaten Mitra.

“Harapannya demikian. Setelah Polda Sulut menyandang status tipe A, beberapa daerah pemekaran termasuk Mitra sudah bisa dibentuk Polres,” ujar disela-sela upacara di Mapolda Sulut.

Dia beralasan, pentingnya pembentukan Mapolres di Mitra, karena Mitra salah satu daerah pemekaran yang belum memiliki Mapolres.

“Mitra masuk kawasan perbatasan, jadi memang benar-benar membutuhkan perhatian dalam hal peningkatan kondisi keamanan. Salah satunya dengan pembentukan Polres maupun Kodim,” ujarnya lagi.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakapolri mengatakan latar belakang naiknya status Polda Sulut menjadi tipe A dikarenakan lokasi daerah yang berbatasan langsung dengan wilayah perbatasan negara asing. Tidak hanya itu, peningkatan status juga diharapkan mampu meningkatkan kinerja dan sikap profesionalisme dari jajaran Korps Tribrata di bumi Nyiur Melambai.

“Kenaikan status ini telah melalui berbagai pertimbangan dan kajian, diantaranya aspek perekonomian, tindak kejahatan, tata kelola pemerintahan maupun luas wilayah dan jumlah penduduk,” kata Gunawan.

Kenaikan status Polda Sulut itu sendiri berdasarkan surat Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Republik Indonesia Nomor B/1741/M.PANRB/5/2016 tentang status Polda Sulut menjadi Tipe A. Dengan adanya perubahan status dimaksud, maka secara otomatis akan berdampak pada peningkatan jumlah personil maupun kepangkatan setiap perwira yang menduduki jabatan strategis di Mapolda Sulut.(dav)

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*