Jum'at, 20 September 2019

Wabup Lengkong Ikut Rakornas Rebranding Program Adipura Menuju Kota Berkelanjutan

Minut

Wabup Minut Joppy Lengkong mengikuti Rakornas di Jakarta

manadoterkini.com, AIRMADIDI – Mewakili Bupati Minahasa Utara (Minut) Vonnie Anneke Panambunan (VAP), Wakil Bupati Ir Joppi Lengkong, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Rebranding Program Adipura Menuju Kota Berkelanjutan, yang dibuka langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr Ir Siti Nurbaya Bakar MSc, dan di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (17/10/2016).

Pada Rakornas tersebut, Menteri berharap bahwa Program Adipura harus mampu mendorong terwujudnya kota-kota di Indonesia yang tidak hanya bersih, hijau, dan sehat, namun juga berkelanjutan.

“Kota-kota yang berkelanjutan harus mampu mengintegrasikan aspek pembangunan ekonomi, pembangunan sosial, dan juga pembangunan lingkungan. Maka kriteria dan indikator Program Adipura tersebut dimasukkan sebagai kategori Adipura Buana, yaitu suatu kategori penilaian Adipura untuk mewujudkan kota-kota yang layak huni (livable city),” kata Wabup Lengkong, didampingi Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Tinneke Rarung dan Staf Khusus Selfran Wungouw SE.

Lanjut Lengkong, kota-kota juga harus mampu memanfaatkan potensi lingkungannya untuk mendukung pembangunan ekonomi dan sebaliknya. Untuk menjawab hal ini, dikembangkan lagi mekanisme, kriteria dan indikator penilaian Adipura yang melihat ada tidaknya pengintegrasian aspek pengelolaan lingkungan hidup dengan pembangunan ekonomi.

“Penilaian Adipura untuk kategori ini disebut Adipura Kirana, yaitu suatu kategori penilaian Adipura untuk mewujudkan kota-kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi melalui Trade, Tourism, and Investment (TTI) berbasis pengelolaan lingkungan hidup (attractive city). Dan kategori Adipura berikutnya adalah Adipura Paripurna,” ujar Lengkong, mengutip penyampaian Menteri LHK.

Usai pembukaan, Rakornas dilanjutkan dengan menghadirkan beberapa narasumber antara lain, Walikota Makasar M Ramadan Pomanto, yang berhasil mengubah wajah Kota Makasar menjadi smart city. Ada juga Direktur Lingkungan Hidup Bappenas Prof Ir M Medrizam PhD, Direktur Pengembangan Penyehatan Permukiman Kementerian PUPR Ir Dodi Krispatmadi MEnv, E Founder and CEO of Merk Plus Inc Hermawan Kertajaya dan Dirjen PSLB3.(Pow)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*