Kamis, 22 Agustus 2019

Wabup Lengkong Ikut RAKORNIS Dan Lokakarya PPMD Di NTB

minutmanadoterkini.com, AIRMADIDI-Wakil Bupati Kabupaten Minahasa Utara Ir Joppi Lengkong, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNIS) dan lokakarya Pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD), di Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), yang digelar Kamis (24/11/2016).

“Rakornis yang mengusung tema ‘Meningkatkan Kreatifitas dan Produktivitas Masyarakat Melalui Teknologi Tepat Guna (TTG)’ sangat penting untuk disosialisasikan kepada masyarakat tentang pengunaan teknologi tepat guna serentak, juga untuk mengkoordinasikan pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa secara nasional, dan untuk mendiskusikan tentang pelaksanaan teknologi tepat guna,” kata Wabup Lengkong melalui pers rilis.

Lebih lanjut, Wabup Lengkong menginformasikan, kegiatan berskala Nasional yang dilaksanakan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia ini, bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang sesuai amanat UU desa pada tahun anggaran 2015.

“Dan pengunaan teknologi tepat guna kepada masyarakat saat ini sangat berperan untuk mensukseskan berbagai program pemerintah. Hal ini, berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa. pemberdayaan masyarakat yang berbasis penerapan teknologi tepat guna dan sesuai dengan Permendagri Nomor 20 tahun 2010 tentang Pemberdayaan Masyarakat. Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melakukan pembinaan, pelayanan, dan pendampingan kepada desa dan masyarakat desa,” jelas Lengkong mengutip sambutan Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Ahmad Erani Mustika.

Menariknya, dalam lokakarya tersebut Wabup Lengkong saat diberi kesempatan bicara mempromosikan Kabupaten Minut. Dimana, setiap desa yang ada di Minut sudah memiliki website sendiri.

“Kabupaten Minut boleh berbangga dari sekian banyak kabupaten yang mengikuti kegiatan tersebut, Minut salah satu kabupaten yang ada di Indonesia yang di tiap desa sudah memiliki website sendiri. Ini sebagai komitmen pemimpin daerah saat ini yaitu Bupati Vonnie Anneke Panambunan dan saya sebagai Wakil Bupati, untuk membangun daerah mulai dari desa, dan salah satunya membangun teknologi informasi, yang dapat bermanfaat bagi desa itu sendiri,” ujar Wabup Lengkong.(Pow)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*