Selasa, 19 November 2019

Kapolres Minut Irup Peringatan Hari Pahlawan

minutmanadoterkini.com, AIRMADIDI – Upacara peringatan Hari Pahlawan, Jumat (10/11/2017), Kabupaten Minahasa Utara (Minut), dilaksanakan di lapangan Kantor Bupati, dan bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapolres AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH.

Kapolres AKBP Alfaris Pattiwael SIK MH dalam amanatnya menbacakan sambutan tertulis Menteri Sosial Republik Indonesia Khofifah Indar Parawansa mengatakan, Hari Pahlawan yang diperingati, didasarkan pada peristiwa heroik 10 November 1945 di Surabaya.

Peristiwa ini memperlihatkan pada dunia internasional, betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai suku, ras, ras, agama, budaya, dan berbagai bentuk partikularisme golongan, bersama-sama menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya, untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

“Bung Karno pernah menegaskan, bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia. Untuk itu marilah kita teruskan tekad dan semangat pahlawan untuk membangun bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat dan terbuka,” ujar Kapolres.

Lanjutnya, hanya dengan revolusi mental yang positif, optimis dan sadar riwayat kita sebagai bangsa dapat menghadapi tantangan dan persoalan dengan semangat kesatuan di dalam kesetaraan seluruh anak bangsa tanpa diskriminasi.

Sementara itu, Hari Pahlawan 2017 yang mengusung tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”, dihadiri oleh Bupati Vonnie Anneke Panambunan, Ketua DPRD Minut Berty Kapojos SSos, Ketua PN Airmadidi Agus Thjajo Mahendra SH, Kajari Minut Rustiningsih SH MH, Sekretaris Daerah Ir Jemmy H. Kuhu MA, Kepala Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara, TNI, Kepolisian Republik Indonesia, Badan SAR Nasional, Pramuka dan LVRI Minahasa Utara.(Pow)

Tags: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*