Kamis, 17 Oktober 2019

Armada Masih Kurang, Produksi Sampah Di Mitra Per Hari Capai 20 Kubik

mitramanadoterkini.com, RATAHAN-Hingga kini armada pengangkut sampah di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) masih kurang.Sementara produksi sampah  di wilayah Mitra setiap hari sangat banyak, mencapai 20 kubik setiap hari dan itu tidak seimbang dengan kendaraan pengangkut sampah, sehingga tak heran kalau banyak sampah di daerah-daerah tertentu yang jauh dari ibukota Ratahan tak dapat diangkut oleh armada sampah milik Pemkab Mitra.

 “Seharusnya, Pemkab Mitra dalam hal ini Badan Lingkungan Hidup dan Pertamanan atau BLHP harus jeli dan segera melakukan pengadaan mobil pengangkut sampah sehingga, semua sampah di daerah ini dapat diangkut,” kata tokoh Generasi

Muda Ratahan, Alfendy Rayo.
Menurutnya, dengan produksi sampah yang sangat banyak setiap hari, akan sangat kesulitan bagi petugas pengangkut sampah, karena kurangnya armada yang disiapkan. “Bayangkan kalau sampah di beberapa lokasi yang jauh dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA), seperti di Ratatotok, Tombatu dan Touluaan pasti sampahnya sudah menumpuk dan belum diangkat, karena kekurangan armada,” tukasnya.

Sementara Kepala BLHP Mitra dr Tommy Soleman saat dikonfirmasi mengakui kalau armada pengangkut sampah di daerah ini masih sangat minim. “Sampai sekarang armada pengangkut sampah masih kurang. Kami sudah usulkan agar tahun depan sudah bisa ditambah armada,  sebab kalau berharap dari armada yang ada belum cukup untuk mengangkut semua sampah di wilayah Mitra” ungkapnya.

Kedepan lanjutnya,target kami akan membangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di satu kompleks berupa Ruang Pembuangan Sampah (RPS), namun masih ada kendalanya lokasi yang dibangun ini harus jauh dari lokasi pemukiman warga, sebab kalau RPS ini ada di depan rumah warga, mereka tidak bersedia, karena setiap hari pasti banyak sampah yang menumpuk di depan rumah dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. (Jay)

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*